Problem dan prospek metode penguatan terhadap pendidikan karakter keluarga Kristen Indonesia Section Articles

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Hasudungan Sidabutar
Juanda Manullang

Abstract

Abstrak
Penguatan merupakan suatu metode dalam penerapan pendidikan karakter keluarga. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana metode reinforcement terhadap penguatan pendidikan karakter keluarga, khususnya di era pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka. Reinforcement merupakan salah satu teori motivasi yang bertujuan agar terjadinya pengulangan terhadap tingkah laku yang diberi penguatan. Ada 5 bentuk dari aspek penguatan pendidikan karakter dengan pendekatan reinforcement oleh guru dan orangtua yaitu sikap kehangatan, sikap antusiasme, kebermaknaan hidup, menghindari respon negatif dan keteladanan. Lewat pendekatan ini akan memberikan efek penguatan pada pendidikan karakter kristiani pada pendidikan agama Kristen keluarga.


 


Abstract
Reinforcement is a method in the application of family character education. The purpose of this study is to describe how the reinforcement method is to strengthen family character education, especially in the era of the covid-19 pandemic. This study uses a systematic literature review method (library review). Reinforcement is one of the motivational theories that aims to make repetition of behavior that is given reinforcement occur. There are 5 forms of strengthening aspects of character education with a reinforcement approach by teachers and parents, namely an attitude of warmth, enthusiasm, meaning in life, avoiding negative responses and exemplary. Through this approach, it will have a strengthening effect on Christian character education in family Christian religious education.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Cahyani, Adhetya, Iin Diah Listiana, and Sari Puteri Deta Larasati. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 123–140.
  2. D.Khan, Yahya. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing, 2010.
  3. H.D.Bastaman. Logoterapi (Psikologi Untuk Menemukan Makna Hidup Dan Meraih Hidup Bermakna). Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
  4. Hardjowasito, Kadarmanto. Pendidikan Agama Kristen (PAK) Dalam Konteks Masyarakat Indonesia Yang Majemuk. Edited by Dkk Robert P. Borrong. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2002.
  5. Hartono, Handreas. “Membentuk Karakter Kristen Pada Anak Keluarga Kristen.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 2, no. 1 (2018): 62–69.
  6. Idris, Marno dan M. Strategi Dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar Yang Efektif Dan Kreatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2008.
  7. Khurriyati, Yulia, Fajar Setiawan, and Lilik Binti Mirnawati. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8, no. 1 (2021): 91–104.
  8. Kusuma, Doni A. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Modern. Jakarta: PT Grasindo, 2007.
  9. Kusuma, Wening Sekar, and Panggung Sutapa. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 2 (2020): 1635–1643.
  10. Marampa, Elieser R. “Peran Orangtua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Kerohanian Peserta Didik.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 100–115.
  11. Metboki, Rianto Junedi A. “Peranan Orangtua Kristen Dalam Membentuk Karakter Anak.” SESAWI: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 55–63.
  12. Moedjiono, J.J. Hasibuan dan. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
  13. Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.
  14. Nuhamara, Daniel. “Pengutamaan Dimensi Karakter Dalam Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Jaffray 16, no. 1 (2018): 93–114.
  15. Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.
  16. Pratiwi, Ni Kadek Santya Pratiwi. “Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2019): 83–90.
  17. Sari, Dina Purnama. “Kreativitas Pendidikan Karakter Di Keluarga Pada Pandemi Covid-19.” In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1:107–114, 2020.
  18. Sidjabat, B.S. Membesarkan Anak Dengan Kreatif. Yogyakarta: ANDI, 2012.
  19. Sidjabat, Samuel B.S. Strategi Pendidikan Kristen. Yogyakarta: ANDI Offset, 1994.
  20. Situmorang, Ester Lina. “Pendidikan Agama Kristen Gereja Dan Keteladanan Orangtua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Sekolah Minggu” 3, no. 1 (2020): 59–68.
  21. Tafonao, Talizaro. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 121–133.