Sudut pandang Pendidikan Agama Kristen terhadap Teori Pavlov mengenai belajar cara Classical Conditioning
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini membahas tentang perspektif pendidikan agama Kristen terhadap teori Pavlov mengenai cara belajar classical conditioning. Dalam teorinya Pavlov tidak mengakui bahwa manusia memiliki roh dalam teorinya. Pavlov menyamakan manusia seperti binatang yang hanya terdiri dari tubuh dan pikiran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami siapa manusia sebagai makhluk hidup dan perbedaannya dengan makhluk lain. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa manusia merupakan makhluk yang unik dan mulia diantara makhluk lain (Mzm. 139:13-14). Manusia, makhluk yang terdiri dari roh, jiwa dan tubuh (1 Tes. 5:23), sehingga manusia menjadi makhluk yang memiliki hidup kekal setelah kematian di bumi saat ini. Manusia adalah ciptaan Allah yang sempurna diantara ciptaan-Nya, karena manusia diciptakan segambar dan serupa dengan Allah (Kej. 1:26-27). Selain itu, Allah memberi kuasa kepada manusia untuk memelihara dan menjaga makhluk hidup lainnya (binatang dan tumbuhan) juga bumi ini. Inilah keunikan manusia sebagai makhluk progresif yang harus berjuang untuk mencapai tujuan hidup, yaitu memuliakan atau menyenangkan hati Allah.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Anonymous. “Pengertian Manusia Menurut Para Ahli Dan Manusia Menurut Islam Seacara Lengkap,” 2020. Accessed April 20, 2024.
- https://www.ilmuips.my.id/2020/11/pengertian-manusia-menurut-para-ahli.html.
- Aliano, Yohanes Alfrid, and F. X. Eko Armada Riyanto. “Pemulihan Martabat Manusia dalam Perspektif Metafisika Persahabatan.” Jurnal Filsafat Indonesia 5, no. 2 (July 5, 2022): 162–172.
- Angin, Yakub Hendrawan Perangin, and Tri Astuti Yeniretnowati Yeniretnowati. “DESKRIPSI STANDAR DAN GAYA HIDUP KEKRISTENAN SEBAGAI ARAH PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” Metanoia 3, no. 2 (2021): 118–132.
- Arifianto, Yonatan Alex. “Kajian Biblikal Tentang Manusia Rohani Dan Manusia Duniawi.” JURNAL TERUNA BHAKTI 3, no. 1 (September 11, 2020): 12–24.
- Asfar, A.M.Irfan, Andi Muhamad Asfar, and Mercy Halamury. TEORI BEHAVIORISME (Theory of Behaviorism), 2019.
- Aulia, Adellia Rosita, Masduki Asbari, and Gunawan Santoso. “Hakikat Manusia Sebagai Homo Faber.” Jurnal Pendidikan Transformatif 2, no. 1 (October 8, 2023): 68–73.
- Cherry, Kendra. “Why Ivan Pavlov Was So Influential in the Field of Psychology.” Verywell Mind. Accessed March 31, 2024. https://www.verywellmind.com/ivan-pavlov-biography-1849-1936-2795548.
- Eduadmin. “CLASSICAL CONDITIONING : BAGAIMANA BERADAPTASI DENGAN ALAMI.” Edu Learning Academy, 2021. Accessed April 3, 2024. https://edulearningacademy.com/classical-conditioning-bagaimana-beradaptasi-dengan-alami/.
- Fadhilah, Izza Amirul, and Binti Maunah. “MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK YANG PERLU DAN DAPAT DIDIDIK.” Cendekia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 15, no. 2 (2021): 254–268.
- Failaq, Muhammad RM Fayasy. “Transplantasi Teori Fiksi dan Konsesi Badan Hukum terhadap Hewan dan Kecerdasan Buatan sebagai Subjek Hukum: 1. Subjek Hukum: Hak dan Kewajiban Manusia dan Badan Hukum. 2. Negara Hukum Indonesia yang Antroposentris 3. Transplantasi Teori Fiksi dan Teori Konsesi Badan Hukum 4. Probabilitas Hewan dan Kecerdasan Buatan sebagai Subjek Hukum.” Jurnal Hukum dan HAM Wara Sains 1, no. 02 (December 31, 2022): 121–133.
- Fausta, Henny. “MANUSIA DAN ALAM SEMESTA DARI PANDANGAN AGAMA KRISTEN.” Character Building, 2020. Accessed May 2, 2024. https://binus.ac.id/character-building/2020/04/manusia-dan-alam-semesta-dari-pandangan-agama-kristen/.
- Fikriani, Fatin, and Iwan Permana. “Tinjauan Fikih Muamalah Dan Peraturan Daerah Terhadap Penggunaan Tanah Hak Milik Pemerintah.” Jurnal Riset Ekonomi Syariah (December 21, 2022): 137–146.
- Haibar, Rizky Allivia Larasati, and dkk. “Implikasi Teori Behavioristik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sekolah” 4 (2021): 8.
- Kamaludin, Mohammad. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar dalam Bingkai Keislaman. UMMPress, 2021.
- Kompasiana.com. “Teori Belajar dan Eksperimen Ivan Petrovich Pavlov.” KOMPASIANA. Last modified 2015. Accessed April 10, 2024. https://www.kompasiana.com/akmaljoice/54f7b284a33311707a8b4ba8/teori-belajar-dan-eksperimen-ivan-petrovich-pavlov.
- Krisnando, Decky, Enggar Objantoro, and I Putu Ayub Darmawan. “Konsep Teologi Injili Tentang Roh Orang Mati.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 3, no. 1 (January 30, 2019): 90.
- Lawolo, Andianus, Niwarni Wati Dawolo, Ampinia Rahap Wanyi Rohy, and Daniel Martin Tamera. “PERAN DAN TUGAS GURU PAK MEMPERSIAPKAN PESERTA DIDIK YANG MERDEKA BERDASARKAN YOHANES 8:31-32.” AGAPE 2, no. 1 (April 18, 2024): 205–218.
- Ma’mun, Sukron. “TANGGUNG JAWAB MANUSIA TERHADAP ALAM.” Character Building, 2021. Accessed May 6, 2024. https://binus.ac.id/character-building/2021/01/tanggung-jawab-manusia-terhadap-alam/.
- Miranda, Setia, and dkk. “Hakikat Manusia Menurut Pandangan Islam Dan Kristen” (2023): 9.
- M.Pd, Amelia Atika, Dr Hastiani M.Pd, and Hendrik M.Pd. MODIFIKASI PERILAKU TEKNIK DAN PENERAPAN MENJADI PRIBADI IDEAL DI ERA POST MODERN. Mega Press Nusantara, 2023.
- M.Th, Allen Pangaribuan. RANCANGAN ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA “MENURUT GAMBAR DAN RUPA KITA” DALAM KEJADIAN 1:26-27. Penerbit Andi, 2022.
- Muvid, Muhamad Basyrul. TASAWUF DAN COVID-19. Penerbit Adab, 2020.
- Puspita, Dalima. “Implikasi Eksperimen Pavlov pada Pembelajaran - Read More,” 2023. Accessed May 10, 2024. https://readmore.id/implikasi-eksperimen-pavlov-pada-pembelajaran/.
- Putri, Vanya Karunia Mulia. “6 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Manusia.” Last modified 2023. Accessed March 30, 2024. https://www.kompas.com/skola/read/2023/07/28/080000069/6-ciri-ciri-makhluk-hidup-manusia.
- Rasikah, Laili, Mohammad Akbar Alwi, and Abdul Aziz. “HAKIKAT MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK CIPTAAN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AKUNTANSI DI ERA GLOBAL” 4 (2022).
- S, I. Nyoman Buditha. Manusia, Agama, Dan Sastra. Deepublish, 2019.
- Sabdono, Erastus, and Rehobot Literature. TANGGUNG JAWAB MEMILIKI KESELAMATAN. Rehobot Literature, 2020.
- Shahbana, Elvia Baby, Fiqh kautsar Farizqi, and Rachmat Satria. “IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DALAM PEMBELAJARAN.” Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (March 26, 2020): 24–33.
- Sitorus, Herowati. “Pemahaman Generasi Millenial Terhadap Hak Asasi Manusia: Studi Hak Asasi Manusia Menurut Alkitab” (2020): 4.
- Suherman. “Bimbingan Belajar,” 2019.
- Sunarko, Andreas Sese. “Fungsi Keluarga Dalam Persepektif Alkitab Sebagai Basis Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 1, no. 2 (June 16, 2021): 92–107.
- Telaumbanua, Sozawato. “PAK GEREJA DALAM KONTEKS LINGKUNGAN HIDUP SUATU REFLEKSI TERHADAP MARKUS 16:15.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (March 1, 2020): 41–56.
- Times, I. D. N., and Cynthia Nanda Irawan. “32 Ayat Emas Alkitab tentang Penciptaan Alam Semesta.” IDN Times. Last modified 2022. Accessed April 6, 2024. https://www.idntimes.com/life/inspiration/cynthia-nanda/ayat-emas-alkitab-tentang-penciptaan-alam-semesta.
- Ulya, Vita Fitriatul. “IMPLICATIONS OF BEHAVIORISTIC LEARNING THEORY IN PRIMARY SCHOOL LEVEL STUDENT LEARNING.” Journal of Islamic Elementary Education 1, no. 2 (October 28, 2023): 12–32.
- Utomo, Bimo Setyo. “Tafsir Kejadian 2:15 Sebagai Konstruksi Memahami Pelayanan dan Tanggung Jawab Orang Percaya terhadap Lingkungan.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 3, no. 2 (December 18, 2020): 230–245.