Manusia Menjadi Tuhan? Suatu Evaluasi Teologis-Apologetis terhadap pemikiran Yuval Noah Harari Tentang Manusia

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ivan Bong

Abstract

Perkembangan homo sapiens yang begitu signifikan memunculkan berbagai macam isu yang mengancam Kekristenan.  Salah satu isu yang mengancam Kekristenan terkait dengan homo sapiens yang bisa menjadi tuhan disampaikan oleh Yuval Noah Harari dalam triloginya, yaitu Sapiens: A Brief History of Humankind, Homo Deus: A Brief History of Tomorrow, dan 21 Lessons of The 21st Century.  Argumentasi yang diajukan oleh Harari berdasar pada teori evolusi.  Demikian penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bahwa argumentasi Yuval Noah Harari mengenai manusia yang menjadi tuhan yang disampaikannya dalam triloginya tidak dapat dibenarkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Literature Review.  Melaluinya, peneliti akan menelaah trilogi yang ditulis oleh Yuval Noah Harari, namun hanya dibatasi pada konsep manusia.  Telaah yang dilakukan menggunakan literatur Kristen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka argumentasi Harari terkait dengan konsep homo sapiens yang menjadi tuhan tidak bisa dipertahankan.  Perkembangan homo sapiens yang disampaikan oleh Harari tidak realistis, karena tidak memiliki cukup bukti rasional dan empiris. Berdasarkan hasil telaah yang telah dilakukan, konsep Harari mengenai homo sapiens yang menjadi Tuhan tidak dapat dibenarkan berdasarkan doktrin Kristen.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

References

  1. Barnes, Jonathan. Aristoteles: Bapak Ilmu Politik. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1993.
  2. Bavinck, Herman. Dogmatika Reformed Jilid 2: Allah Dan Penciptaan. Edited by John Bolt.
  3. Translated by Ichwei Indra and Irwan Tjulianto. Surabaya: Momentum, 2012.
  4. Berkhof, Louis. Teologi Sistematika: Doktrin Manusia. Jakarta: Lembaga Reformed Injili
  5. Indonesia, 1994.
  6. Clark, Kelly James. Religion and the Sciences of Origins: Historical and ContemporaryDiscussions. Surabaya: Literatur Perkantas Jatim, 2021.
  7. Dawkins, Richard. The God Delusion. Jakarta: Banana, 2013. ———. The Selfish Gene (Gen Egois). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2017.
  8. Diamond, Jared. Guns, Germs & Steel: Rangkuman Riwayat Singkat Masyarakat Manusia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia, 2016.
  9. Erickson, Millard J. Teologi Kristen. Vol. 1. Malang: Gandum Mas, 1999. ———. Teologi Kristen. Vol. 2. Malang: Gandum Mas, 2003.
  10. Frame, John M. Systematic Theology: An Introduction to Christian Belief. Phillipsburg: P &R Publishing, 2013.
  11. Harari, Yuval Noah. 21 Lessons: 21 Adab Untuk Abad Ke 21. Manado: CV. Global IndoKreatif, 2018. ———. Homo Deus: Masa Depan Umat Manusia. Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2021. ———. Sapiens: Riwayat Singkat Umat Manusia. Jakarta: KPG, 2021. ———. Sapiens: Sejarah Ringkas Umat Manusia Dari Zaman Batu Hingga PerkiraanKepunahannya. Jakarta: PT Pustaka Alvabet, 2017.
  12. Hoekema, Anthony A. Manusia: Ciptaan Menurut Gambar Allah. Surabaya: Momentum,
  13. Lennox, John. 2084: Pandangan Kristen Tentang Kecerdasan Buatan Dan Masa DepanUmat Manusia. Surabaya: Literatur Perkantas Jatim, 2020.
  14. Lennox, John C. Seven Days That Divide The World (Tujuh Hari Yang Membagi Dunia). Surabaya: Literatur Perkantas Jatim, 2013.
  15. Meyer, Stephen C. Return of the God Hypothesis: Three Scientific Discoveries That Reveal
  16. the Mind Behind the Universe. New York, NY: HarperOne, 2021.
  17. Morris, Henry. Biblical Creationism: What Each Book of the Bible Teaches about Creationand the Flood. Arkansas: New Leaf Publishing Group, 2000.
  18. Poythress, Vern S. Menebus Sains. Pendekatan Yang Berpusat Kepada Allah. Surabaya:
  19. Momentum, 2013